Thursday, October 28, 2010

Nazhif 4th Birthday Cake




Inilah proyek besar bulan ini, kue ulang tahun Nazhif yang ke-4. Permintaannya adalah kue ulang tahun bentuk mobil McQueen. Rencana awalnya sih sudah bagus, senin malam dibuat kue dasarnya (brownies kukus aja yg gampang dan dijamin enak) jadi selasa malam bisa fokus untuk menghias kuenya. Namun "bencana" macet total di senin malam menggagalkan rencana tersebut. Gara-gara macet di mana-mana sampai tengah malam jadinya senin malam terpaksa aku nginep di kantor. Jadilah pekerjaan membuat dan menghias kue dikerjakan selasa malam. Kue dasar yang terbuat dari 3 resep brownies kukus Ny Liem dibuat dari sore jam setengah lima sampai jam delapan malam. Karena ukuran loyang dan kapasitas mixer yang terbatas brownies kukus dibuat 3 kali ngemixer dan 3 kali ngukus. Kue dasar dibuat dari 1 dan 3/4 kue ukuran 20 x 20 cm. Untuk kue bentuk mobil dibuat dengan loyang bentuk mobil yang dibeli ayahnya Nazhif waktu nemenin belanja di Titan Fatmawati. Cukup 1 resep untuk membuat kue bentuk mobil ini.

Pekerjaan menghias kue sendiri baru dimulai jam satu lebih tengah malam. Sebelumnya aku nidurin anak-anak dulu, ga bakal bener menghiasnya kalo anak2 masih pada bangun. Untuk buttercreamnya aku coba pake resep Buttercream ala Ani yg didadapat dari milis NCC. Sambil nunggu dingin campuran susu dan gula pasirnya aku buat Oatmeal Cookies, yang merupakan bagian dari isian goodie bag. Acara hias menghias sendiri baru dimulai jam 3 pagi, dibarengin sama ngoven Oatmeal Cookies. Untuk kue ini aku ga mau buttercream-nya terlalu tebal, jadinya agak susah juga buat ngeratainnya. Warna merah di kue-nya kayanya kurang mirip sama merahnya McQueen, aku pake warna merah tua Hakiki, waktu belanja ga nemu warna merah cabe. Warna hijau rumput-nya juga kurang hijau, aku pake pewarna yang ada di rumah (lupa merknya). Rencananya untuk rumput aku mau pake spuit rumputnya Wilton, tapi gara2 aku kurang sabar waktu ngelarutin gulanya, masih ada gula yang tersisa dan mengganggu banget waktu aku coba bikin rumput. Karena waktu bikin rumput ini sudah jam 5 pagi, sementara aku harus siap2 berangkat kerja jam setengah enam, jadilah warna hijaunya diratain saja pake pisau hias. Untuk pinggirannya pun ga sempet dibuat apa2, tapi yg penting bentuk mobilnya keliatan jelas spt McQueen, walaupun sangat jauh dari rapih dan bentuk aslinya. Alhamdulillah yang ulang tahun senang. Dia senang banget waktu tiup lilin di depan teman2nya.

Karena "pesta"-nya cuma pesta2an, tidak ada undangan, teman2 yang lagi main di deket rumah dipanggilin saja. Terus habis tiup lilin bagi-bagi kue dan bingkisan. Alhamdulillah kuenya habis, bingkisannya juga. Oh ya untuk bingkisan rencana awalnya mau pake kue bikinan bunda semua, malahan mau pake kukis hias nama Nazhif, sampe bela2in beli cookie cutter alphabet online. Tapi ternyata setelah barangnya datang (agak telat, hari Jumat baru datang) dan aku coba bikin tyt ribet banget bikinnya dan hasilnya kecil2 banget, jadinya kukis alphabetnya buat dimakan anak2 aja di rumah. Untuk isi goodie bag yang aku bikin sendiri: coklat bentuk mobil (ini ayahnya juga yg pilih cetakan), oatmeal cookies dan parmesan cheese steak. Sisanya ada susu Ultra Strawberry, Wafer Tango Cheese, Oreo, Cheetos, dan tempat pensil.

Ini dia Oatmeal cookies yg aku buat:






No comments:

Post a Comment